Monday, June 19, 2017

Novel Curigai Ada Keterlibatan Jenderal, Kapolri: Bila Ada Bukti, Kami Proses Dengan Tuntas

Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan komitmen jajarannya mengungkap kasus teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan. Bila Novel bisa memberikan bukti terkait kecurigaan dugaan adanya keterlibatan jenderal di balik teror, Polri siap memproses.

"Kalau merupakan fakta hukum, dari Polri siap kami akan proses hukum. Kita akan lakukan penyelidikan dan kita akan terbuka untuk itu," ujar Tito dalam jumpa pers di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2017).

Namun bila kecurigaan Novel tak berdasar, Polri sambung Tito akan menyesalkan pernyataan Novel kepada Time. Sebab pernyataan tersebut bisa merusak imej Polri dan membuat renggang hubungan dengan KPK.

"Kalau itu merupakan suatu isu saya dari Polri menyayangkan ini berakibat buruk kepada imej institusi kepolisian yang juga bisa menimbulkan situasi kurang baik antara Polri dan KPK," sambungnya.

Pernyataan Novel soal kecurigaannya menurut Tito dibahas dalam pertemuan bersama pimpinan KPK. Prinsipnya Polri ditegaskan Tito berkomitmen mengungkap pelaku teror terhadap Novel.

"Jadi kita prinsip ingin kasus ini terungkap secepat mungkin, ini komitmen kita," sambungnya.

Untuk menindaklanjuti pernyataan Novel, Polri akan mengirimkan tim menemui Novel yang sedang menjalani perawatan di Singapura. Tim akan memastikan kebenaran dari kecurigaan Novel.

"Tadi kita diskusikan masalah pernyataan saudara Novel di Time ada dugaan oknum jenderal polisi, kami tentunya menanggapi ini tidak over reaktif. Kita akan berusaha secepat mungkin mengirim tim ke sana untuk menanyakan kepada saudara Novel apakah itu merupakan fakta yang ada bukti apakah merupakan isu kecurigaan," imbuh Tito.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3535623/novel-curigai-jenderal-kapolri-bila-ada-bukti-kami-proses

No comments:

Post a Comment